Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi STOIKIOMETRI Kelas X Multimedia dI SMK NEGERI 1 AMUNTAI Tahun Pelajaran 2021/2022

06 Desember 2022

Diupload oleh IKE NORJANAH, S.Pd

Abstrak: Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi stoikiometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  (1) peningkatan aktivitas peserta didik, (2) peningkatan hasil belajar kogntif, afektif & psikomotor peserta didik dan (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran melalui penggunaan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I dan II diadakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Amuntai yang berjumlah  28 orang. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dari kategori cukup aktif pada siklus I menjadi aktif pada siklus II, (2) ketuntasan hasil belajar kognitif peserta didik mengalami peningkatan sebesar  46,67% dari siklus I hanya 53,57% menjadi 78,57 % pada siklus II, hasil belajar afektif peserta didik mengalami peningkatan dari kategori cukup  pada siklus I menjadi baik pada siklus II, hasil belajar psikomotor  peserta didik mengalami peningkatan dari kategori cukup terampil pada siklus I menjadi terampil pada siklus II, dan (3) peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran melalui penggunaan model inkuiri terbimbing.

Kata kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, stoikiometri

 

Publikasi artikel ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan penelitian yang telah didesiminasikan. Untuk artikel lengkapnya silahkan download file lampiran berikut.